Rabu, 11 Juni 2014

contoh laporan prakerin (PSG) di Cabang Dinas Maron



LAPORAN PRAKERIN
SMK FAUZUL HASAN Di Cabang Dinas Maron
TAHUN AJARAN 2013-2014



D i Susun oleh:
MOH. ASWED
    DODIK SAIFULLAH
ABD. KHOLIK

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
“ SMK FAUZUL HASAN “
PESAWAHAN - TIRIS - PROBOLINGGO




LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PELAKSANAAN PRAKERIN
DI
CABANG DINAS MARON

Diajukan sebagai salah satu syarat untuk kenaikan kelas.
Disahkan pada hari ............... tanggal ….... tahun 2014



Mengesahkan :

               PEMBIMBING                                                  PEMBIMBING
                       DU/DI                                                 SMK  FAUZUL HASAN




                 Dwi Indartik                                                Istifa Iyatus Soleha


Mengetahui

                      KETUA                                                            KEPALA
       PROGRAM KEAHLIAN                                  SMK FAUZUL HASAN




 Muhammad Nurul Huda                            Mahrus Zainul Arifin  S.Pd

KATA PENGANTAR
         Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmatnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Pendidikan Sistem Ganda (PSG) 2014 yang bertempat di Cabang Dinas Maron serta dapat menyusun laporan ini dengan baik dan benar.
         Sholawat serta salam kami haturkan kepada nabi besar kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita ke jalan yang terang benderang yaitu jalan yang diridhoi Allah SWT kami hanya bisa ucapakan banyak terima kasih atas bimbingannya selama kami melakukan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini kepada :
1.            Bapak MAHRUS ZAINUL ARIFIN S.Pd selaku Kepal Sekolah SMK FAUZUL HASAN yang telah memberikan izin dan doa barokahnya kepada kami untuk melakukan tugas Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini.
2.            selaku pimpinan Cabang Dinas Maron yang telah memberikan izin tempat untuk kami melakukan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) selama 2 bulan.
3.            Bapak EVA SUJARMINTO S.Pd selaku Kepala Cabang Dinas Maron yang telah memeberikan izin kepada kami untuk melakukan tugas Pendidikan Sistem Ganda (PSG) selama 2 bulan
4.            Bapak MUHAMMAD NURUL HUDA selaku ketua program keahlian Teknik Komputer Jaringan.
5.            Ibu ISTIFA IYATUS SOLEHA yang telah meluangkan waktu untuk selalu membimbing kami saat melakukan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini.
6.            Bapak MUHAMMAD NURUL HUDA selaku ketua POKJA SMK FAUZUL HASAN
7.            Bapak dan Ibu Guru berserta Staff  TU yang turut berpartisipasi membantu keberhasilan Prakerin ini.
8.            Semua pihak yang ikut berperan dalam keberhasilan Prakerin ini.

Dalam menyusun laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran serta ide-ide atau pendapat yang membangun sangat kami harapkan. Kami berharap laporan yang bisa kami susun ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semua pihak, khususnya bagi pembaca. Semoga apa yang kami harapkan dapat terwujud.












Pesawahan, 15 maret 2014




Penulis



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL  ………………………………………………………….     i
LEMBAR PENGESAHAN …………………………………………………….    ii
KATA PENGANTAR ……………………………………………....................   iii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………...   iv
BAB I.      PENDAHULUAN   ………………………………………………..    1
         1.1    Latar Belakang  ……………………………………………………..    1
         1.2    Manfaat dan Tujuan PSG  ………………………………………….    2
             1.2.1   Manfaat   ………………………………………………………..    2
             1.2.2   Tujuan  ………………………………………………………….    3
             1.2.3    Tujuan Khusus ………………………………………………….    3
         1.3    Lokasi dan Waktu Pelaksanaan PSG  ………………………………    4
         1.4    Metode Pelaksanaan  ……………………………………………….    6

BAB II.     KEADAAN UMUM CABANG DINAS MARON………………….. 7
         2.1    Sejarah Cabang Dinas Maron………………………………………… 7
         2.2 Visi dan Misi Cabang Dinas ..................................................................  8
         2.3    Logo dan makna logo Cabang Dinas.................................................    9
         2.4    Makna warna-warna yang digunakan.................................................  10

BAB III PENUTUP.........................................................................................      11
3.1  Kesimpulan........................................................................................      12           
3.2  Saran..................................................................................................     13

DAFTAR  PUSTAKA.....................................................................................     14

LAMPIRAN .........................................................................................................15


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Susunan organisasi dan tata kerja Perangkat Daerah merupakan salah satu fungsi mendasar penyelenggaraan pemerintah dalam rangka tata kelola pemerintahan yang terstruktur, sistematis, terorganisasi, transparan dan akuntabel. Dimana Dinas Pekerjaan Umum merupakan unsur pelaksana otonomi daerah yang mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan yang dipimpin oleh Kepala Dinas, yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekda. Dinas Pekerjaan Umum juga mempunyai lembaga teknis yang berbentuk Unit Pelayanan Teknis yang bertugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik.

1.2 Manfaat dan Tujuan PSG

      1.2.1    Manfaat

                  1. Beberapa manfaat yang dapat siswa diambil adalah:
1)      Siswa dapat mengaplikasikan secara langsung ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan di SMK Fauzul Hasan.
2)      Siswa dapat mengetahui situasi dan kondisi dunia kerja secara
langsung.
3)   Siswa memperoleh ilmu dan pengetahuan baru yang diperoleh dari dunia kerja dan dapat mempersiapkan mental siswa sebelum memasuki dunia kerja.
4)   Meningkatkan kreatifitas, ide atau gagasan yang bermanfaat untuk tempat prakerin. Sehingga sama-sama bisa memberikan manfaat.
 
2. Beberapa manfaat bagi instansi adalah:
1)      Instansi dapat melakukan pengawasan yang lebih baik dan efisien terhadap siswa yang mengakses internet.
2)      Staf dan siswa dapat saling bertukar pengetahuan, khususnya seputar     teknologi dan   pengalaman yang dimilikinya.
3)      Memanfaatkan sumberdaya yang tersedia.
4)      Kegiatan praktek siswa dapat berjalan dengan lancar.
5)      Mempermudah guru dalam menyampaikan materi sesuai dengan KTSP.
      6)      Menekan pengeluaran biaya untuk pengadaan barang praktek siswa.


1.2.2    Tujuan

Tujuan Praktik Sistem Ganda (PSG) secara umum adalah meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta pemahaman siswa mengenai kegiatan perusahaan/industri/instansi dan unit strategi bisnis atau lainnya yang layak dijadikan tempat PKL, dan meningkatkan keterampilan pada bidang keahliannya masing-masing agar mereka mendapat cukup bekal untuk bekerja setelah lulus dari sekolah SMK Fauzul Hasan. Selain itu, tujuan PSG adalah melatih siswa agar lebih kritis terhadap perbedaan yang mereka jumpai di lapangan dengan yang di peroleh di bangku sekolah.
Dengan demikian siswa diharapkan mampu untuk mengembangkan keterampilan tertentu yang tidak diperoleh di SMK Fauzul Hasan.
Cara yang ditempuh agar siswa mendapatkan pengalaman praktis pada perusahaan/industri/instansi dan atau unit strategi bisnis tertentu yang sesuai dengan kompetensi bidang keahliannya adalah dengan praktik kerja, yaitu dengan cara ikut bekerja sehari-hari pada perusahaan/industri/instansi dan atau strategi bisnis unit tersebut. Dengan pengalaman bekerja ini diharapkan para siswa mampu mengaitkan antara pengetahuan akademik dengan pengetahuan praktis serta mampu menghimpun data mengenai suatu kajian pokok dalam bidang keahliannya
                           
1.2.3    Tujuan Khusus

1)      Menambah pemahaman kepada siswa mengenai kegiatan  perusahaan/industri/instansi dan atau unit strategi bisnis lainnya agar mereka mendapat cukup bekal untuk bekerja setelah lulus dari SMK Fauzul Hasan.
2)      Melatih siswa PSG mengerjakan pekerjaan lapangan dan sekaligus melakukan serangkaian keterampilan yang sesuai dengan bidang keahliannya.
3)      Menambah kesempatan bagi siswa memantapkan keterampilan dan pengetahuannya untuk menambah kepercayaan dan kematangan dirinya.
4)      Melatih siswa berfikir kritis dan menggunakan daya nalarnya dengan cara memberi komentar logis terhadap kegiatan yang dikerjakan dalam bentuk laporan kegiatan yang sudah dibakukan.
5)      Meningkatkan pemahaman siswa terhadap sikap tenaga kerja di dalam melaksanakan dan mengembangkan teknik-teknik tertentu serta alasan-alasan dalam menerapkan teknik-teknik tersebut.

1.3 Lokasi dan Waktu Pelaksanaan PSG

      Lokasi dan jadwal kerja
Lokasi cabang dinas maron:
      Kelurahan                 : Dinas maron
      Kecamatan               : Maron
      Kabupaten                : Probolinggo
      Propinsi                    : Jawa Timur
Alamat                     : Jl. K. hajar dewantara No.731/732 Telp. (0335)61540
Jadwal kerja Cabang Dinas :

         1.  Untuk Karyawan Cabang Dinas

A.    Jumlah jam kerja total perminggunya untuk karyawan Cabang Dinas adalah 60 jam dengan pola 6 hari kerja dengan rincian sebagai berikut :
B.     Hari Senin s/d Sabtu                     : Jam 07.30 – 02.00 WIB
C.     Jam Istirahat                                  : Jam 12.00 – 12.30 WIB
D.    Hari Jum’at                                   : Jam 07.30 – 11.30 WIB
E.     Jam Istirahat                                  : Jam 10.00 – 11.30 WIB

2.   Untuk Peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG)

                  Kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dilakukan selama kurang lebih 2 bulan yaitu dari tanggal 13 januari 2014 hingga 13 Maret 2014 dengan jumlah peserta PSG sebanyak 3 siswa.
Karena sehubungan dengan keterbatasan ruangan dan aktivitas maka peserta PSG dibagi menjadi 2 sift yaitu sift pagi (07.30-14.00).

1.4 Metode Pelaksanaan

Beberapa metode penelitian yang digunakan dalam kegiatan praktek kerja lapangan ini adalah :

1.      Dengan pembimbing di Cabang Dinas
   
1)   Requirements analysis and definition (Analisis dan Definisi Persyaratan)
Mengumpulkan data-data yang dibutuhkan secara lengkap yang meliputi beberapa informasi yang dibutuhkan masyarakat.
2)   Metode Observasi
Yaitu dengan melakukan pengumpulan data melaui survey terhadap unit kerja yang akan dilakukan Observasi
3)   Interview
Pengumpulan data yang dilakukan dengan interview secara langsung antara staf Cabang Dinas  dengan pengusaha kecil / masyarakat luas, siswa bisa mendapat data dan informasi secara langsung yang dapat dipertanggungjawabankan kebenarannya.               
4)   Integration dan system testing
Setelah data – data terkumpul 1,uji coba dapat segera dilakukan. Uji coba dilakukan secara crosscheck ,yaitu seberapa besar dampak dan pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat.
5)   Library Research
Pencarian data berdasarkan literatur yang menuliskan tentang
teori – teori yang berkaitan secara online maupun offline


 BAB II
KEADAAN UMUM CABANG DINAS MARON

2.1 SEJARAH CABANG DINAS MARON

                Pada jaman penjajahan Belanda Lemah putih merupakan sentra ekonomi, dibuktikan dengan adanya perkebunan teh, kopi dan kina serta berdirinya pabrik pengolahan ketiga produk tersebut berimplikasi terkenalnya Lemahputih di wilayah priangan.
Sebelum tahun 1952 Lemahputih merupakan bagian tak terpisahkan dari kecamatan Bantarujeg, akan tetapi atas prakarsa Noer Atmadibrata selaku Bupati pada waktu itu, dimekarkanlah kecamatan Bantarujeg menjadi dua kecamatan yaitu Kecamatan Bantarujeg dan Kecamatan Lemahsugih yang berimplikasi pada pemekaran intansi-intansi lainnya salah satunya adalah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Sekitar tahun 1981 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dipecah menjadi Cabang Dinas Pendidikan yang berfungsi sebagai managerial di bidang Man (orang), Money (keuangan) dan Material (sarana dan Prasarana) dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan berfungsi sebagai managerial di bidang educatif (proses pembelajaran di tingkat satuan pendidikan sekolah dasar.
Seiring dengan waktu terjadi restrukturisasi pada tahun 2000 dengan fusinya Cabang Dinas Pendidikan dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menjadi Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang dikepalai oleh seorang Kepala Cabang Dinas Pendidikan.
Pada tahun 2003 terjadi SOTK baru yang berimplikasi pada perubahan nama Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayan menjadi UPTD TK/SD, dan pada tahun 2008 SOTK yang baru mengakibatkan perubahan nama UPTD TK/SD menjadi UPTD PAUD dan SD,terus pada tahun 2010 SOTK yang baru mengakibatkan perubahan nama UPTD PAUD dan SD menjadi UPTD Pendidikan Kecamatan Lemahsugih sampai sekarang.

2.2  VISI DAN MISI CABANG DINAS MARON
Ø  VISI

Terciptanya Pelayanan Bagi Dunia Pendidikan Yang Paripurna Menuju Kecamatan Lemahsugih Yang Tuntas Wajib Belajar Pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Pada Tahun 2015.
Ø  MISI

1. Memberikan pelayanan administrasi Educatif bagi Satuan Pendidikan Pra sekolah dan Sekolah Dasar
2. Memberikan pelayanan Kepegawaian dan Keuangan bagi tenaga Pendidik dan Kependidikan
3. Memfasilitasi satuan pendidikan untuk memperoleh Sarana Prasarana guna tercapainya Satuan Pendidikan yang Maju, Berkembang dan Kompetitif
4. Ikut serta mensukseskan akselerasi Wajar Dikdas 9 Tahun.
5. Memberikan pelayanan informasi edukatif dan administratif
6. Ikut serta memberikan pelayanan bagi pendidikan non formal

.

2.3          LOGO DAN MAKNA LOGO CABANG DINAS 




 









                                                                                                      








Gambar 2.1
Logo cabang dinas
 
 







1.      Makna logo Cabang Dinas
       Sebuah Bintang, bersudut lima, berwarna kuning dengan lima berkas sinarnya berwarna putih. 
  1. Diatas Bintang, lukisan Angin berwarna merah putih
  2. Dibawah Bintang, lukisan Gunung berwarna biru tua
  3. Dibawah Gunung, lukisan Sungai berwarna putih
  4. Dibawah Sungai, lukisan Dataran tanah berwarna hijau
  5. Dibawah Dataran tanah, lukisan Gelombang Air Laut berwarna putih
  6. Pada sebelah kiri lukisan Gelombang Air Laut berwarna putih, aslinya hijau dan sebelah kiri bawah Buah Anggur sebanyak 17 (tujuh belas) buah dengan warna aslinya hijau muda
  7. Pada sebelah kanan, lukisan Daun Mangga sebanyak 5 (lima) helai dan sebelah kanan bawah 8 (delapan) Buah Mangga dengan warna aslinya hijau
  8. Dibawah Buah Anggur dan Mangga lukisan Pita putih berisi tulisan semboyan : “Prasadja Ngesti Wibawa.
Warna Merah berarti : Keberanian. Makna Lambang
  1. Bintang merupakan pertanda Ketuhanan Yang Maha Esa dan Lima berkas sinar Bintang dimaksudkan sebagai pertanda Dasar Falsafah Negara Republik Indonesia yaitu Pancasila sebagai perwujudan kejiwaan Bangsa Indonesia yang kita amankan dan amalkan.
  2. Angin merupakan ciri khas bagi Daerah Kabupaten Probolinggo yang terkenal dengan sebutan “Angin Gending. Angin yang arusnya sangat deras yang datang setiap musim kemarau dari arah Tenggara.
  3. Gunung sebagai pertanda Gunung Bromo. Sebuah gunung di Daerah Kabupaten Probolinggo terletak di Pegunungan Tengger dalam sebuah kalender yang luas dengan garis tengahnya kurang lebih 11 (sebelas) kilometer.
  4. Sungai sebagai pertanda “Sungai Banger. Sebuah sungai yang semula memberi nama daerah Kabupaten ini pada zaman Bupati Probolinggo yang pertama Kiyai Tumenggung Djojolelono (tahun : 1746-1768).
  5. Dataran tanah merupakan pertanda keadaan tanah Daerah Kabupaten Probolinggo yang cukup subur.
  6. Gelombang Air Laut yang mewujudkan letak Daerah Kabupaten Probolinggo ditepi pantai (Selat Madura).
  7. Daun Anggur sebanyak 4 (emapat0 helai dengan buah Anggur 17 (tujuh belas) buah menunjukkan hasil buah-buahan khas Daerah Probolinggo (terkenal sejak tahun 1913).
8.      Daun Mangga sebanyak 5 (lima) helai dengan buah Mangga 8 9delapan) buah menunjukkan buah-buahan yang terkenal di seluruh Indonesia dan sekitarnya dan merupakan hasil buah-buahan khas daerah Probolinggo. Rangkaian buah Anggur (17), Buah Mangga (8), Daun Anggur (4), dan Daun Mangga (5), merupakan pertanda : Tanggal, bulan dan tahun “Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
  1. Pita Putih berisi semboyan : ;Prasadja Ngesti Wibawa. Makna semboyan : “Prasadja berarti : bersahaja, blaka, jujur, bares, dengan terus terang, “Ngesti"
    berarti : menginginkan, menciptakan, mempunyai tujuan, “Wibawa" berarti : mukti, luhur, muia. “Prasadja Ngesti Wibawa berarti : Dengan rasa tulus ikhlas (bersahaja, jujur, bares) menuju kemuliaan.

2.4       MAKNA WARNA-WARNA YANG DIGUNAKAN
  1. Warna Kuning berarti : Keagungan, Keluhuran, Kemuliaan.
  2. Warna Biru berarti : Kesetiaan.
  3.  Warna Hijau berarti : Kesuburan, Kemakmuran.

BAB III
PENUTUP


3.1  KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan prakerin selama kurang lebih 2 bulan mulai tanggal 13 Januari s/d 13 Maret 2014 di CABANG DINAS MARON sebagai berikut :
1.    Melatih siswa lebih terampil dalam menangani permohonan pasang baru/keluhan pelanggan sehingga dapat di pahami dan menambah wawasan siswa.
2.    Menambah pengetahuan siswa bagaimana mekanisme struktur kepemimpinan dan tata laksana sehingga menciptakan suasana keharmonisan dalam bekerja menuju tercapainya tujuan.
3.    Tersediananya sarana dan prasarana terhadap system keterlaksanaan dinamis/keputusan lain mengenai pengelolaan Administrasi kantor.
4.    Dapat melatih tanggung jawab siswa terhadap tugas/pekerjaan masing-masing sesuai dengan keterampilan yang sebelumnya sudah diberikan oleh sekolah.
5.    Dapat membina dan melatih disiplin siswa dalam bekerja.
6.    Dapat memberikan pelayanan Prima kepada masyarakat luas.

3.2  SARAN
           
  1. Untuk  Siswa
Kami sangat senang  karena di tempat  prakerin  kami bisa mengetahui segala hal yang berkaitan dengan kegiatan di sekolah  maupun di dunia kerja dan  adanya prakerin ini kami  berharap waktu  praktek di sekolah harus lebih di utamakan dan lebih di giatkan lagi.

B.   Untuk Sekolah
Kami berharap agar jalannya prakerin pada saat ini maupun yang akan datang dapat lebih baik dan lebih maju ataupun lebih ditingkatkan lagi mutu  dan  kualitas  siswa  baik  dari  segi  materi,  keterampilan, kedisiplinan,  dan  sebagainya.




C.      Untuk DU/DI
Harapan kami pada DU/DI khususnya pada CABANG DINAS MARON tetap memberikan bimbingan, arahan dan  pengawasan  terhadap  siswa/siswi prakerin dalam melaksanakan  tugasnya.  Kami  harap  untuk periode berikutnya dapat menjalani hubungan kerja sama lebih  baik  untuk  adik  kelas  kami yang akan  melaksanakan  prakerin tahun yang  akan  datang.

         D. Untuk Masyarakat
             Harapan kami pada masyarakat tetap memberi dukungan dan
    partisipasi dengan adanya SMK FAUZUL HASAN.







 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar